PEMERINTAH AKAN NAIKKAN PRODUKSI PADI 3,2 PERSEN

Pemerintah akan meningkatkan rata-rata produksi padi nasional hingga 3,2 persen per tahun untuk mempertahankan swasembada berkelanjutan.

“Menaikkan produksi padi rata-rata per tahun adalah 3,2 persen. Ini untuk target yang sudah kita canangkan, untuk mempertahankan swasembada berkelanjutan untuk padi,” kata Menteri Pertanian Suswono ketika ditemui di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (3/12).

Suswono menjelaskan, produksi rata-rata padi mencapai 38 juta per tahun. Pemerintah, katanya, berniat meningkatkan produksi supaya kebutuhan pangan rakyat terpenuhi, sekaligus mencapai target swasembada.

Menurut Suswono, upaya peningkatan produksi juga harus disertai kampanye diversifikasi atau penganekaragaman pangan.

Suswono meminta masyarakat memahami bahwa sumber karbohidrat bukan hanya nasi.

“Tapi pada saat ini, masyarakat kita kalau belum makan nasi ya belum makan, itu persoalannya, ‘mindset’ itu yang harus diubah,” katanya.

Penganekaragaman sumber karbohidrat itu, katanya, akan mengurangi konsumsi beras, dengan demikian stok beras nasional akan meningkat.

Menurut Suswono, stok beras yang melimpah bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri dan untuk ekspor, sehingga bisa menambah pendapatan negara.

Suswono berada di komplek Istana Kepresidenan untuk menghadiri acara pemberian penghargaan Ketahanan Pangan Nasional 2010 yang dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Presiden Yudhoyono memberikan penghargaan Ketahanan Pangan Nasional kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X. Sultan Hamengkubuwono X menerima penghargaan itu atas prestasi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam ketersediaan pangan yang ditunjukkan dengan
peningkatan produksi padi dan palawija.

Yogyakarta juga dianggap berhasil dalam meningkatkan produksi ikan dan ternak. Kemudian, pemerintah menganggap Yogyakarta berhasil mengembangkan penyaluran minyak goreng bersubsidi dan pengembangan cadangan pangan melalui lumbung pangan.

Pemerintah juga memberikan penghargaan Ketahanan Pangan Nasional dan Peningkatan Produksi Beras Nasional di atas lima persen kepada tiga provinsi, yaitu Riau, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Utara. (OL-9)
http://www.mediaindonesia.com/read/2010/12/03/185753/23/2/Pemerintah-akan-Naikkan-Produksi-Padi-32-Persen


Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s