DANA PENDIDIKAN: DANA BOS NAIK RP1,8 TRILIUN

JAKARTA : Pemerintah menaikkan dana bantuan operasional sekolah (BOS) tahun 2011 sebesar Rp1,8 triliun. Tahun ini BOS hanya Rp15 triliun dan tahun depan Rp16,8 triliun.

Tahun depan pemerintah juga akan menyederhanakan penyaluran dana pendidikan bantuan operasional sekolah atau BOS sehingga birokrasinya tidak terlalu panjang dibanding periode 2005-2010.

“Pelaksanaan distribusi dana BOS pada tahun depan akan mengalami penyederhanaan dibanding 2005-2010,” kata Menteri Pendidikan Nasional M. Nuh di Istana Wapres Jakarta, Rabu (1-12).

Hal tersebut dikemukakan usai mengikuti rapat khusus membahas penyaluran BOS yang dipimpin Wakil Presiden Boediono dan diikuti antara lain oleh Menko Kesra Agung Laksono dan Ketua Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto.

Mendiknas mengatakan mulai 2011 aliran dana BOS tidak lagi melalui Kementerian Pendidikan Nasional tapi jalurnya adalah dari Kementerian Keuangan disalurkan langsung ke pemerintah kabupaten/kota dan selanjutnya ke sekolah.

“Kalau dulu dana BOS melalui Kementerian Keuangan lalu ke Kementerian Diknas dan disalurkan ke pemerintah kabupaten/kota dan ke sekolah. Jadi intinya mulai tahun depan Kementerian Diknas tidak lagi memegang dana BOS,” kata Nuh.

Menteri mengakui ditetapkannya penyederhanaan tersebut sebagai upaya Pemerintah untuk mempercepat penerimaan dana BOS di sekolah sehingga agar bisa segera digunakan untuk kepentingan anak-anak sekolah.

Selain itu, katanya, penyederhanaan distribusi ini juga untuk mengurangi keterlambatan penerimaan dana bos di pemerintah kabupaten/kota dan sekolah.

Untuk mengawasi penyaluran dana BOS tersebut, kata Mendiknas, pemerintah telah membentuk tim monitoring evaluasi (monev) yang terdiri personel dari Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan Nasional, pemerintah kabupaten dan kota.

Tim ini, kata Nuh, akan melakukan evaluasi terhadap distribusi dana BOS sekali dalam tiga bulan, dengan inti evaluasi apakah dana yang ditransfer tepat waktu, jumlah yang ditransfer sesuai dengan ketentuan, serta pengawasan dana oleh sekolah. ANT/S-2
http://www.lampungpost.com/cetak/berita.php?id=2010120205564737


Iklan

One response to “DANA PENDIDIKAN: DANA BOS NAIK RP1,8 TRILIUN

  1. info menarik.. trima kasih ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s